iklan space 728x90px

Klaim Asuransi Allianz Jiwa Juga Bisa Dilakukan Online, Begini Caranya!


Banyak kondisi ketika orang tua atau tulang punggung dalam keluarga meninggal dunia, maka menjadi beban bagi anak-anak, selain kehilangan tulang punggung keluarga, maka banyak diantaranya yang kehilangan masa depan akibat kondisi tersebut. Pastinya Anda tidak ingin buah hati sampai merasakan atau mengalami hal tersebut bukan, sehingga penting sekali untuk mulai menyiapkan proteksi atau perlindungan, diantaranya adalah memakai asuransi jiwa Allianz, kelak ketika meninggal dunia maka akan lebih mudah bagi ahli waris mendapatkan manfaat dengan mengajukan klaim asuransi Allianz ini.

Keuntungan Klaim Asuransi Jiwa Online

Jika berbicara mengenai prosedur dalam pengajuan klaim asuransi dari Allianz ini memang ada banyak, dimana Anda tidak hanya bisa melakukan pengajuan klaim secara langsung saja, melainkan juga klaim dapat dilakukan secara online, hal ini merupakan bentuk inovasi yang dilakukan oleh Allianz untuk memberikan kenyamanan bagi para nasabahnya, jadi nantinya tidak perlu khawatir lagi jika sedang ada di luar negeri atau domisili yang terlalu jauh.

Berbicara mengenai klaim secara online ini pada dasarnya menawarkan lebih banyak kelebihan, dibandingkan dengan prosedur klaim langsung, yaitu:

1. Praktis, dimana Anda tidak perlu repot datang ke kantor asuransi secara langsung, cukup hanya dari rumah saja maka klaim sudah dapat dilakukan.

2. Hemat biaya, bahkan secara biaya yang harus dikeluarkan dengan memilih layanan klaim secara online ini juga relatif jauh lebih murah, karena tidak perlu keluar biaya transportasi sampai dengan biaya untuk cetak dokumen dan sebagainya, Anda hanya perlu scan kemudian kirim melalui email.

3. Lebih cepat, secara waktu yang dibutuhkan dalam pengajuan klaim ini sendiri juga tergolong lebih cepat, dimana nantinya Anda tidak perlu menunggu terlalu lama jasa ekspedisi tersebut mengirimkan dokumen, karena lewat email hanya menunggu waktu selama beberapa detik saja nantinya dokumen akan diterima dan segera diproses.

Cara Klaim Asuransi Jiwa Allianz Online

Berikut ini diantara prosedur terkait dengan klaim asuransi Allianz jiwa online yang dapat Anda ikuti, yaitu:

1. Isi formulir pengajuan klaim, khusus untuk form ini sendiri bisa Anda dapatkan secara online atau digital, caranya mudah yaitu dengan download melalui website resmi dari Allianz, selanjutnya lakukan pengisian sesuai dengan data-data yang dimiliki dan benar adanya, karena jika ada kesalahan atau data yang tidak sesuai maka akan membuat permintaan klaim ditolak atau terindikasi melakukan kecurangan.

2. Lengkapi dokumen yang diminta, setelah form Anda isi semuanya, maka langkah selanjutnya yang dapat dilakukan adalah dengan melengkapi dokumen penunjang klaim ini. Tentunya selain polis yang harus dalam kondisi aktif, maka ada beberapa jenis dokumen penunjang sesuai dengan jenis klaim yang dimaksud, misalnya adalah surat keterangan kematian, bukti dari rumah sakit atau dokter sampai dengan surat dari kepolisian jika penyebab kematian tersebut adalah kecelakaan.

3. Scan dan kirim berkas melalui email, bisa juga dengan menggunakan layanan dari website resmi Allianz, khusus untuk klaim secara online sendiri pada dasarnya klaim memang dilakukan dengan data yang sudah discan, bukan dalam bentuk dokumen fisik. Hanya membutuhkan waktu beberapa detik saja sampai nantinya email terkirim dan Anda akan mendapatkan konfirmasi.

4. Proses verifikasi, dilakukan oleh pihak asuransi untuk mengecek apakah dokumen yang dikirimkan tersebut sudah lengkap dan sesuai ataukah belum. Selanjutnya Anda juga akan dimintai dokumen tambahan jika seandainya masih ada yang kurang. Karena hal ini akan mempengaruhi proses analisis dari tim Allianz.

5. Pemberitahuan, selanjutnya tinggal menunggu pemberitahuan yang dilakukan oleh pihak Allianz ini, apakah klaim yang Anda maksudkan tersebut diterima ataukah tidak. Jika klaim tersebut disetujui maka nantinya tinggal menunggu saja sampai uang tersebut dicairkan melalui nomor rekening yang sudah terdaftar.

Mudah bukan klaim asuransi Allianz online atau digital ini. Hanya saja fasilitas klaim secara online ini belum bisa dirasakan oleh semua jenis asuransi, melainkan terbatas pada beberapa produk asuransi saja. Anda dapat mengajukannya ketika mengalami resiko dan termasuk dalam proteksi perusahaan asuransi, bukan hanya kematian, melainkan bisa juga cacat tetap.

Maman Malmsteen
Maman Malmsteen Aktif menulis sejak tahun 1986 di media massa. Menjadi announcer di Radio Fantasy 93,1 FM sejak tahun 1999. Menjadi Blogger sejak tahun 2010. Sekarang aktif sebagai Content Writer untuk beberapa Blog/Website.

Tidak ada komentar untuk "Klaim Asuransi Allianz Jiwa Juga Bisa Dilakukan Online, Begini Caranya!"